Senin, 19 November 2012

RSS



RSS Rich Site Summary (awalnya RDF Site Summary, sering dijuluki Really Simple Syndication) adalah keluarga format feed web yang digunakan untuk menerbitkan karya-sering diperbarui seperti entri blog, berita utama, audio, dan video-dalam format standar  sebuah dokumen RSS (yang disebut "feed", "web feed", atau "channel") meliputi penuh atau diringkas teks, ditambah metadata seperti penerbitan tanggal dan penulisnya.

RSS feed penerbit manfaat dengan membiarkan mereka sindikat konten secara otomatis. Sebuah format file standar XML memungkinkan informasi yang akan diterbitkan sekali dan dilihat oleh berbagai program yang berbeda. Mereka mendapatkan keuntungan pembaca yang ingin berlangganan update tepat waktu dari website favorit atau feed agregat dari banyak situs dalam satu tempat.

RSS feed dapat dibaca dengan menggunakan software yang disebut "RSS reader", "feed", atau "aggregator", yang dapat berbasis web, berbasis desktop, atau perangkat mobile berbasis. Pengguna berlangganan feed dengan memasukkan ke pembaca feed URI atau dengan mengklik ikon feed web browser yang memulai proses berlangganan. Pembaca RSS memeriksa pengguna yang berlangganan feed secara teratur untuk pekerjaan baru, download setiap update yang ditemukan, dan menyediakan antarmuka pengguna untuk memonitor dan membaca feed. RSS memungkinkan pengguna untuk menghindari secara manual memeriksa semua situs mereka tertarik, dan bukannya berlangganan situs-situs tersebut bahwa semua konten baru didorong ke browser mereka bila telah tersedia.

Format RSS telah didahului oleh beberapa upaya sindikasi web yang tidak mencapai popularitas yang luas. Ide dasar dari informasi tentang website restrukturisasi kembali ke sedini tahun 1995, ketika Ramanathan V. Guha dan lain-lain di Grup Advanced Technology Apple Computer mengembangkan Kerangka Content Meta.

RDF Site Summary, versi pertama RSS, diciptakan oleh Dan Libby dan Ramanathan V. Guha di Netscape. Ini dirilis pada Maret 1999 untuk digunakan pada portal My.Netscape.Com. Versi ini dikenal sebagai RSS 0.9. Pada bulan Juli 1999, Dan Libby Netscape menghasilkan versi baru, RSS 0,91,  yang disederhanakan format dengan menghapus elemen RDF dan menggabungkan elemen dari format sindikasi Dave Winer yang scriptingNews. Libby juga berganti nama menjadi format dari RDF Site Ringkasan RSS Kaya dan diuraikan pengembangan lebih lanjut dari format dalam "dokumen berjangka".

Ini akan menjadi partisipasi terakhir Netscape dalam RSS pembangunan selama delapan tahun. Sebagai RSS sedang dipeluk oleh penerbit web yang ingin feed mereka untuk digunakan pada My.Netscape.Com dan portal RSS awal, Netscape menjatuhkan dukungan RSS dari My.Netscape.Com pada bulan April 2001 selama restrukturisasi baru pemilik AOL perusahaan, juga menghapus dokumentasi dan alat-alat yang mendukung format.

Dua entitas muncul untuk mengisi kekosongan, dengan bantuan tidak Netscape atau persetujuan: The RSS-DEV Working Group dan Dave Winer, yang userland Software telah menerbitkan beberapa alat penerbitan pertama di luar Netscape yang dapat membaca dan menulis RSS.

Winer diterbitkan versi modifikasi dari spesifikasi 0,91 RSS di situs userland, meliputi bagaimana itu sedang digunakan dalam produk perusahaannya, dan mengklaim hak cipta untuk dokumen.  Beberapa bulan kemudian, userland mengajukan pendaftaran AS merek dagang untuk RSS, tapi gagal untuk menanggapi permintaan USPTO merek dagang pemeriksa dan permintaan itu ditolak pada bulan Desember 2001.

The RSS-DEV Working Group, sebuah proyek yang anggotanya termasuk Guha dan perwakilan dari O'Reilly Media dan Selain itu, diproduksi RSS 1.0 pada bulan Desember 2000.  Versi baru ini, yang direklamasi Ringkasan nama Situs RDF dari RSS 0.9, dukungan diperkenalkan kembali untuk RDF dan menambahkan dukungan XML namespaces, mengadopsi unsur-unsur dari kosakata metadata standar seperti Dublin Core.

Pada Desember 2000, Winer dirilis RSS 0.92  set kecil perubahan selain dari pengenalan elemen kandang, yang mengizinkan file audio untuk dibawa dalam RSS feed dan membantu Podcasting percikan. Dia juga merilis rancangan RSS 0,93 dan 0,94 RSS yang kemudian ditarik.

Pada bulan September 2002, Winer merilis versi baru utama dari format, RSS 2.0, yang redubbed inisialnya Really Simple Syndication. RSS 2.0 dihapus jenis atribut ditambahkan dalam draft 0,94 RSS dan menambahkan dukungan untuk ruang nama. Untuk melestarikan kompatibilitas dengan RSS 0,92, dukungan namespace hanya berlaku untuk konten lain yang disertakan dalam sebuah RSS 2.0 feed, bukan RSS 2.0 unsur-unsur itu sendiri . (Meskipun standar lainnya seperti upaya Atom untuk memperbaiki keterbatasan ini, RSS feed tidak dikumpulkan dengan konten lainnya cukup sering untuk menggeser popularitas dari RSS ke format lain yang memiliki dukungan namespace penuh.)

Karena tidak Winer maupun RSS-DEV Working Group memiliki keterlibatan Netscape, mereka tidak bisa membuat klaim resmi pada nama atau format RSS. Hal ini telah memicu kontroversi yang sedang berlangsung dalam pengembangan masyarakat sindikasi sebagai entitas yang adalah penerbit yang tepat RSS.

Salah satu produk dari perdebatan kontroversial adalah penciptaan format sindikasi alternatif, Atom, yang dimulai pada bulan Juni 2003.The sindikasi Atom format, yang ciptaan sebagian dimotivasi oleh keinginan untuk mendapatkan awal yang bersih bebas dari isu seputar RSS, telah diadopsi sebagai IETF Usulan Standar RFC 4287.

Pada Juli 2003, Winer dan userland Software ditugaskan hak cipta dari spesifikasi RSS 2.0 ke Berkman Center Harvard untuk Internet & Masyarakat, di mana ia baru saja mulai istilah sebagai sesama mengunjungi Pada saat yang sama., Winer meluncurkan Penasehat RSS Dewan dengan Brent Simmons dan Jon Udell, sebuah kelompok yang bertujuan untuk memelihara dan mempublikasikan pertanyaan spesifikasi dan jawaban tentang format .

Pada bulan Desember 2005, Microsoft Internet Explorer tim dan Microsoft Outlook tim mengumumkan di blog mereka bahwa mereka mengadopsi ikon pakan pertama kali digunakan dalam browser Mozilla Firefox (Feed-icon.svg). Pada bulan Februari 2006, Opera Software mengikutinya. Hal ini secara efektif membuat persegi jeruk dengan gelombang radio putih standar industri untuk RSS dan Atom feed, menggantikan berbagai macam ikon dan teks yang telah digunakan sebelumnya untuk mengidentifikasi data sindikasi.

Pada bulan Januari 2006, Rogers Cadenhead meluncurkan kembali RSS Dewan Penasehat tanpa partisipasi Dave Winer, dengan keinginan dinyatakan untuk melanjutkan pengembangan format RSS dan menyelesaikan ambiguitas. Pada bulan Juni 2007, dewan merevisi versi mereka spesifikasi untuk mengkonfirmasi bahwa ruang nama dapat memperpanjang elemen inti dengan atribut namespace, seperti Microsoft telah dilakukan di Internet Explorer 7. Menurut pandangan mereka, perbedaan penafsiran kiri penerbit tidak yakin apakah ini diperbolehkan atau dilarang.

Menurut saya, RSS ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas blog, sehingga blog bisa lebih bagus dan harus di jaga untuk kepentngan masa depan

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/RSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar