Selasa, 02 Oktober 2012

Sejarah Internet dan New Media

Sejarah Internet


Sejarah Internet dimulai dengan pengembangan komputer elektronik di tahun 1950-an. Ini dimulai dengan point-to-point komunikasi antara komputer mainframe dan terminal, diperluas untuk point-to-point koneksi antara komputer dan kemudian penelitian awal ke packet switching. Packet switched jaringan seperti ARPANET, Mark I di NPL di Inggris, CYCLADES, Merit Network, Tymnet, dan Telenet, yang dikembangkan pada 1960-an dan awal 1970-an menggunakan berbagai protokol. ARPANET khususnya menyebabkan pengembangan protokol untuk internetworking, di mana beberapa jaringan yang terpisah bisa bergabung bersama dalam jaringan dari jaringan.

Pada tahun 1982 Internet Protocol Suite (TCP / IP) adalah standar dan konsep jaringan seluruh dunia dari jaringan TCP / IP sepenuhnya saling berhubungan disebut Internet diperkenalkan. Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 ketika National Science Foundation (NSF) mengembangkan Ilmu Komputer Jaringan (CSNET) dan lagi pada tahun 1986 ketika NSFNET menyediakan akses ke situs superkomputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan. Penyedia layanan internet komersial (ISP) mulai muncul pada akhir 1980-an dan 1990-an. ARPANET dinonaktifkan pada tahun 1990. Internet itu dikomersialkan pada 1995 ketika NSFNET telah dinonaktifkan, menghilangkan pembatasan terakhir pada penggunaan Internet untuk membawa lalu lintas komersial.

Sejak pertengahan 1990-an Internet telah membawa dampak drastis pada budaya dan perdagangan, termasuk bangkitnya dekat-instan komunikasi melalui surat elektronik, pesan instan, Voice over Internet Protocol (VoIP) "panggilan telepon", dua arah panggilan video interaktif , dan World Wide Web dengan forum diskusi nya, blog, jejaring sosial, dan situs belanja online. Komunitas riset dan pendidikan terus mengembangkan dan menggunakan jaringan canggih seperti Jaringan Backbone sangat tinggi NSF kecepatan Layanan (vBNS), Internet2, dan National LambdaRail. Peningkatan jumlah data yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi dan lebih tinggi melalui jaringan fiber optic beroperasi pada 1-Gbit / s, 10-Gbit / s, atau lebih. Internet terus berkembang, didorong oleh jumlah semakin besar informasi online dan pengetahuan, perdagangan, hiburan dan jejaring sosial.
  

Jaringan yang mengarah ke Internet


ARPANET


Dipromosikan menjadi kepala kantor pengolahan informasi di DARPA, Robert Taylor dimaksudkan untuk mewujudkan ide-ide Licklider tentang sistem jaringan saling berhubungan. Membawa dalam Larry Roberts dari MIT, ia memulai sebuah proyek untuk membangun jaringan tersebut. Link ARPANET pertama didirikan antara University of California, Los Angeles dan Stanford Research Institute pada 22:30 pada tanggal 29 Oktober 1969.
Pada 5 Desember 1969, sebuah jaringan 4-node telah terhubung dengan menambahkan University of Utah dan University of California, Santa Barbara. Membangun ide-ide yang dikembangkan di ALOHAnet, ARPANET tumbuh pesat. Pada 1981, jumlah host telah tumbuh menjadi 213, dengan host baru yang ditambahkan kira-kira setiap dua puluh hari .
ARPANET menjadi inti teknis dari apa yang akan menjadi Internet, dan alat utama dalam mengembangkan teknologi yang digunakan. ARPANET pembangunan berpusat di sekitar Request for Comments (RFC) proses, masih digunakan sampai sekarang untuk mengusulkan dan mendistribusikan Internet Protokol dan Sistem. RFC 1, berjudul "Host Perangkat Lunak", ditulis oleh Steve Crocker dari University of California, Los Angeles, dan diterbitkan pada tanggal 7 April 1969. Tahun-tahun awal didokumentasikan dalam tahun 1972 Jaringan Komputer Film: The Heralds dari Sumber Daya Berbagi.
Kolaborasi internasional pada ARPANET yang jarang. Untuk berbagai alasan politik, pengembang Eropa khawatir dengan mengembangkan jaringan X.25. Pengecualian adalah Array Seismic Norwegia (NORSAR) pada tahun 1972, diikuti pada tahun 1973 oleh Swedia dengan link satelit ke Tanum Stasiun Bumi dan kelompok riset Peter Kirstein di Inggris, awalnya di Institut Ilmu Komputer, Universitas London dan kemudian di University College London.

NPL


Pada tahun 1965, Donald Davies dari National Physical Laboratory (United Kingdom) mengusulkan jaringan data nasional berdasarkan packet switching. Proposal tidak diambil secara nasional, namun pada tahun 1970 ia telah dirancang dan dibangun Mark I packet-switched jaringan untuk memenuhi kebutuhan laboratorium multidisiplin dan membuktikan teknologi di bawah kondisi operasional. Pada tahun 1976 12 komputer dan 75 perangkat terminal yang terpasang dan lebih ditambahkan sampai jaringan diganti pada tahun 1986.


 Merit Network


Jaringan Merit dibentuk pada tahun 1966 sebagai Triad Penelitian Pendidikan Michigan Informasi untuk mengeksplorasi jaringan komputer antara tiga perguruan tinggi negeri Michigan sebagai sarana untuk membantu pembangunan negara pendidikan dan ekonomi. Dengan dukungan awal dari Negara Bagian Michigan dan National Science Foundation (NSF), jaringan packet-switched pertama kali ditunjukkan pada bulan Desember 1971 ketika tuan rumah interaktif untuk koneksi host dibuat antara sistem komputer mainframe IBM di University of Michigan di Ann Arbor dan Wayne State University di Detroit [16] bulan Oktober 1972 koneksi ke mainframe CDC di Michigan State University di East Lansing menyelesaikan tiga serangkai.. Selama beberapa tahun berikutnya di samping untuk menjadi tuan rumah untuk menjadi tuan rumah koneksi interaktif jaringan ditingkatkan untuk mendukung terminal untuk koneksi host, host to host koneksi batch (penyerahan pekerjaan jarak jauh, percetakan jarak jauh, batch transfer file), transfer file interaktif, gateway ke Tymnet dan Telenet jaringan data publik, X.25 lampiran host, gateway untuk X.25 jaringan data, host Ethernet terpasang, dan perguruan tinggi negeri akhirnya TCP / IP dan tambahan di Michigan join network.All dari himpunan ini panggung untuk peran Merit dalam NSFNET proyek dimulai pada pertengahan 1980-an.

 CYCLADES


Paket CYCLADES jaringan switching adalah jaringan penelitian Perancis dirancang dan disutradarai oleh Louis Pouzin. Pertama menunjukkan pada tahun 1973, itu dikembangkan untuk mengeksplorasi alternatif ke desain ARPANET awal dan untuk mendukung penelitian jaringan umumnya. Itu adalah jaringan pertama untuk membuat tuan rumah bertanggung jawab atas pengiriman data yang handal, bukan jaringan itu sendiri, menggunakan datagram tidak dapat diandalkan dan terkait end-to-end mekanisme protokol.

 X.25 dan jaringan data publik


Berdasarkan penelitian ARPA, paket standar jaringan switching dikembangkan oleh Uni Telekomunikasi Internasional (ITU) dalam bentuk X.25 dan standar terkait. Sementara menggunakan packet switching, X.25 dibangun pada konsep virtual circuit meniru sambungan telepon tradisional. Pada tahun 1974, X.25 membentuk dasar untuk jaringan SERCnet antara British akademik dan lokasi penelitian, yang kemudian menjadi JANET. Standar ITU awal pada X.25 disetujui pada Maret 1976.Kantor Pos Inggris, Western Union International dan Tymnet berkolaborasi untuk menciptakan paket switched jaringan internasional pertama, disebut sebagai Packet Switched International Service (IPSS), pada tahun 1978. Jaringan ini tumbuh dari Eropa dan Amerika Serikat untuk menutupi Kanada, Hong Kong dan Australia pada tahun 1981. Pada tahun 1990-an itu memberikan infrastruktur jaringan di seluruh dunia.Tidak seperti ARPANET, X.25 adalah umumnya tersedia untuk penggunaan bisnis. Telenet ditawarkan nya Telemail layanan surat elektronik, yang juga ditargetkan untuk menggunakan perusahaan daripada sistem email umum ARPANET.Dial-in publik pertama jaringan digunakan asynchronous terminal TTY protokol untuk mencapai konsentrator dioperasikan di jaringan publik. Beberapa jaringan, seperti CompuServe, digunakan untuk multipleks X.25 sesi terminal dalam paket-switched mereka tulang punggung, sementara yang lain, seperti Tymnet, digunakan protokol proprietary. Pada tahun 1979, CompuServe menjadi layanan pertama yang menawarkan surat elektronik kemampuan dan dukungan teknis untuk pengguna komputer pribadi. Perusahaan membuat terobosan baru lagi di tahun 1980 sebagai yang pertama untuk menawarkan real-time chatting dengan Simulator CB nya. Utama lainnya dial-in jaringan adalah America Online (AOL) dan Prodigy yang juga menyediakan komunikasi, konten, dan fitur hiburan. Banyak sistem papan buletin (BBS) jaringan juga menyediakan akses on-line, seperti FidoNet yang populer di kalangan pengguna komputer hobi, banyak dari mereka hacker dan operator radio amatir.

 UUCP dan Usenet


Pada tahun 1979, dua mahasiswa di Duke University, Tom Truscott dan Jim Ellis, datang dengan ide untuk menggunakan Bourne shell script sederhana untuk mentransfer berita dan pesan pada koneksi UUCP serial line dengan Universitas terdekat of North Carolina di Chapel Hill. Setelah rilis publik dari perangkat lunak, lubang host UUCP forwarding pada berita Usenet cepat berkembang. UUCPnet, karena nantinya akan diberi nama, juga menciptakan gateway dan hubungan antara FidoNet dan dial-up BBS host. Jaringan UUCP menyebar dengan cepat karena biaya yang lebih rendah yang terlibat, kemampuan untuk menggunakan leased line yang ada, X.25 link atau bahkan ARPANET koneksi, dan kurangnya kebijakan penggunaan yang ketat (organisasi komersial yang mungkin memberikan perbaikan bug) dibandingkan dengan jaringan kemudian seperti CSNET dan Bitnet. Semua yang menghubungkan lokal. Pada 1981 jumlah host UUCP telah berkembang menjadi 550, hampir dua kali lipat ke 940 pada tahun 1984. - Sublink Jaringan, beroperasi sejak 1987 dan resmi didirikan di Italia pada tahun 1989, berdasarkan kesalingterkaitan yang pada UUCP ke mail mendistribusikan dan kelompok berita seluruh node pesan Italia tersebut (sekitar 100 pada saat itu) yang dimiliki baik oleh perorangan dan perusahaan kecil. Sublink Jaringan diwakili mungkin salah satu contoh pertama dari kemajuan teknologi internet melalui difusi menjadi populer.

 Penggabungan jaringan dan menciptakan Internet (1973-1990)


TCP / IP


Dengan begitu banyak metode jaringan yang berbeda, sesuatu yang dibutuhkan untuk menyatukan mereka. Robert E. Kahn dari DARPA dan ARPANET direkrut Vinton Cerf dari Stanford University untuk bekerja dengan dia pada masalah. Pada tahun 1973, mereka telah bekerja di luar reformulasi mendasar, di mana perbedaan antara protokol jaringan yang tersembunyi dengan menggunakan protokol internetwork umum, dan bukan pada jaringan yang bertanggung jawab untuk keandalan, seperti dalam ARPANET, tuan rumah menjadi bertanggung jawab. Cerf kredit Hubert Zimmerman, Gerard LeLann dan Louis Pouzin (desainer dari CYCLADES jaringan) dengan pekerjaan penting pada desain ini.Spesifikasi dari protokol yang dihasilkan, RFC 675 - Spesifikasi Program Internet Transmission Control, oleh Vinton Cerf, Yogen Dalal dan Carl Sunshine, Jaringan Kelompok Kerja, Desember 1974, berisi penggunaan dibuktikan pertama dari internet istilah, sebagai singkatan untuk internetworking; kemudian RFC ulangi penggunaan ini, sehingga kata dimulai sebagai kata sifat bukan kata benda sekarang ini.Sebuah Stanford Research Institute packet radio van, tempat transmisi tiga-cara pertama internetworked.Dengan peran jaringan dikurangi menjadi minimal, menjadi mungkin untuk bergabung dengan hampir semua jaringan bersama-sama, tidak peduli apa karakteristik mereka, sehingga pemecahan masalah awal Kahn. DARPA setuju untuk mendanai pengembangan perangkat lunak prototipe, dan setelah beberapa tahun kerja, demonstrasi pertama dari sebuah gateway antara jaringan Packet Radio di SF Bay area dan ARPANET dilakukan oleh Stanford Research Institute. Pada tanggal 22 November 1977 demonstrasi jaringan tiga dilakukan termasuk ARPANET, Packet Radio Network dan paket jaringan satelit Atlantik.Berasal dari spesifikasi TCP pertama pada tahun 1974, TCP / IP muncul pada pertengahan akhir tahun 1978 dalam bentuk hampir final. Pada 1981, standar terkait yang diterbitkan sebagai RFC 791, 792 dan 793 dan diadopsi untuk digunakan. DARPA disponsori atau mendorong pengembangan implementasi TCP / IP untuk berbagai sistem operasi dan kemudian dijadwalkan migrasi dari semua host pada semua jaringan paket untuk TCP / IP. Pada tanggal 1 Januari 1983, yang dikenal sebagai hari bendera, TCP / IP protokol menjadi protokol hanya disetujui pada ARPANET, menggantikan protokol NCP sebelumnya.

 New Media

 

New media adalah istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir abad ke-20 yang mengacu pada on-demand akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar konten media. Lain janji penting dari media baru adalah "demokratisasi" dari, penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi konten media. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time baru, konten tidak diatur. [Rujukan?]

Teknologi yang paling digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan contoh interactive.Some mungkin internet, website, multimedia komputer, video game, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital. Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan teks Internet digital dapat diakses, gambar dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook adalah contoh dari model media sosial, di mana sebagian besar pengguna juga peserta.

 Sejarah


Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Itu tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas hal ini. "Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer. Meskipun kausal terkait, secara konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat saat yang sama "[3].Sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada model cetak dan siaran analog, seperti televisi dan radio. Dua puluh lima tahun terakhir telah melihat transformasi cepat ke media yang ditautkan pada penggunaan teknologi digital, seperti game internet dan video. Namun, contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online. Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing.Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal pergeseran berpotensi radikal yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya" (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). W. Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, kekuatan ekonomi dan sosial tarik kembali dalam arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:

    
Mengubah arti jarak geografis.
    
Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi.
    
Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
    
Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
    
Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih dan interkoneksi.Akibatnya telah anggapan ulama seperti Douglas Kellner dan James Bohman bahwa media baru, dan terutama internet, memberikan potensi untuk ruang publik demokratis postmodern, di mana warga negara dapat berpartisipasi dalam informasi dengan baik, non-hirarkis debat yang berkaitan dengan mereka struktur sosial. Bertentangan ini penilaian positif dari dampak sosial potensial dari media baru adalah sarjana seperti Ed Herman dan Robert McChesney yang telah menyarankan bahwa transisi ke media baru telah melihat beberapa perusahaan telekomunikasi kuat transnasional yang mencapai tingkat pengaruh global yang sampai sekarang terbayangkan .Cendekiawan, seperti Lister et al. (2003) dan Friedman (2005), telah menyoroti baik implikasi potensial dan aktual positif dan negatif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah determinisme teknologi - dimana efek dari media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan masa depan teknologi apapun.



SUMBER : en.wikipedia.org




 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar