Selasa, 01 November 2011

Individu, Keluarga dan Masyarakat


INDIVIDU

Individu berasal dari kata latin individuum yang artinya tidak terbagi. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tidak dapat dibagi,melainkan sebagi kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan.
Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas didalam lingkungan sosialnya,melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.
Individu tidak akan jelas identitasnya tanpa adanya suatu masyrakat yang menjadi latar belakang keberadaanya.Manusia sebagai individu salalu berada ditengah-tengah kelompok individu yang sekaligus mematangkannya untuk menjadi pribadi yang prosesnya memerlukan lingkungan yang dapat membentuk pribadinya. Namun tidak semua lingkungan menjadi faktor pendukung pembentukan pribaditetapi ada kalanya menjadi penghambat proses pembentukan pribadi.

PERTUMBUHAN
          Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju arah yang baik, lebih maju, dan dewasa. Pada dasarnya pertumbuhan dalah proses asosiasi, maksudnya adalah pengaruh yang baik dari pengalaman atau empiris luar melalui panca indera yang menimbulkan sensasi maupun pengalaman dalam mengenai keadaan batin sendiri yang menimbulkan reflexionis.
Factor – factor yang mempengaruhi pertumbuhan yaitu :
1.      Pendirian Navistik
2.      Pendirian Empiristik dan Environmentalistik
3.      Pendirian konvergensi dan interaksionisme
4.      Tahap pertumbuhan berdasarkan psikologi

KELUARGA



Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta: kula dan warga “kulawarga” yangberarti “anggota” “kelompok kerabat”. Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah, bersatu.

 Menurut DepartemenKesehatan RI (1998 )
Pengertian Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri ataskepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempatdi bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Menurut Ki Hajar Dewantara
Kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengertidan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki,esensial, enak danberkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakanmasing-masing anggotanya.

MenurutSalvicion dan Ara Celis
Keluarga adalah dua atau lebih dari dua individu yang tergabung karenahubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidupnya dalamsuatu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannyamasing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.
PENGERTIAN FUNGSI KELUARGA
            Suatu pekerjaan – pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam keluarga tersebut.
Macam – Macam fungsi keluarga :
1.      Fungsi Biologis
2.      Fungsi pemeliharaan
3.      Fungsi Keagamaan
4.      Fungsi Ekonomi
5.      Fungsi Sosial



 
MASYARAKAT



A. Arti Definisi / Pengertian Masyarakat
 Berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian masyarakat dari beberapa ahlisosiologi dunia.
1. Menurut Selo Sumardjan masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersamadan menghasilkan kebudayaan.
2. Menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatuketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antarakelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
3. Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suau kenyataan objektifpribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
4. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulanmanusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama,tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukansebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Masyarakat dapat digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. Masyarakat sederhana. Dalam lingkungan masyarakat sederhana (primitive) pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin, nampaknya berpangkal tolak dari latar belakang adanya kelemahan dan kemampuan fisik antara seorang wanita dan pria dalam menghadapi tantangantantangan alam yagn buas saat itu.
  2. Masyarakat Maju. Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelomok sosial, atau lebih dikenal dengan sebuatan kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai. Dalam lingkungan masyarakat maju, dapat dibedakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar